Laman

Sabtu, 22 September 2012

RPP PRAKTIKUM SEL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah              : SMA Negeri 9 Malang
Mata Pelajaran             : Biologi
Kelas / Semester            : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                    : 2
Alokasi Waktu              : 3 x 35 menit
Tanggal Pelaksanaan   : Jum’at, 27 juli 2012
Standar Kompetensi    : 1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar        : 1.1  Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.

Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator
Nilai Karakter
Ranah IPK
·  Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
·  Menggambarkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan dari hasil  pengamatan
·  Membuat laporan pengamatan sel hewan dan tumbuhan
·  Membandingkan struktur sel hewan dan tumbuhan

·     Jujur
·     Kerja keras
·     Toleransi
·     Rasa ingin tahu
·     Komunikatif
·     Percaya diri



C3


C3

C2

I. Tujuan                               
Siswa diharapkan mampu:
·  Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan dengan benar melalui kegiatan praktikum
·  Menggambarkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan dari hasil  pengamatan dengan benar melalui kegiatan praktikum
·  Membuat laporan pengamatan sel hewan dan tumbuhan dengan benar melalui kegiatan praktikum
·  Membandingkan struktur sel hewan dan tumbuhan dengan benar melalui kegiatan praktikum

II.  Materi Ajar
·         Struktur sel tumbuhan dan sel hewan
·         Perbandingan struktur sel tumbuhan dan sel hewan


III. Metode Pembelajaran
·         Praktikum

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
NO
URAIAN KEGIATAN
WAKTU
1.

























 
2.





































3.
PENDAHULUAN
Apersepsi:
·     Guru menanyakan kembali mengenai konsep sel yang telah diterima pada pertemuan sebelumnya.
·     Diingatkan kembali bahawa sel dapat dianalogikan dengan batu bata penyusun bangunan


KEGIATAN INTI
Eksplorasi
·     Guru mendemonstrasikan cara membuat preparat irisan melintang daun tumbuhan (Rhoeo discolor dan bawang merah) dan preparat kerokan sel hewan (epitel pipi) di depan kelas kepada siswa secara klasikal.
·     Siswa membentuk beberapa kelompok secara heterogen
·     Guru membagikan Lembar Kerja Praktikum

Elaborasi
·    Siswa mengambil alat dan bahan untuk praktek pengamatan sel  tumbuhan  sesuai dengan kelompoknya.
·   Siswa membuat preparat irisan melintang daun tumbuhan (Rhoeo discolor dan bawang merah) dan preparat sel hewan, yaitu kerokan epitel pipi kemudian mengamati di bawah mikroskop
·   Siswa menggambar hasil pengamatan.
·   Siswa membuat laporan sederhana hasil pengamatan.

Konfirmasi
·     Siswa menuliskan/ menjelaskan secara lisan refleksi diri mengenai kegiatan praktikum yang telah dilakukan

Kesimpulan:
Peserta didik menyimpulkan hasil praktikum tentang sel melalui bimbingan guru.



ü Sel merupakan bagian terkecil dari makhluk hidup.
ü Sel dapat dibedakan menjadi dua yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik.
 

Penugasan

Untuk pertemuan selanjutnya, masing-masing kelompok membawa 1 lembar kertas karton

PENUTUP

·         Siswa mengumpulkan laporan sederhana hasil pengamatan
2 menit
(TM)



























3 menit
(TM)







 
50 menit
(TM)






 
2 menit
(TM)


3 menit (TM)



















V.  Alat/Bahan/Sumber

·         Mikroskop
·         Daun Rhoeo discolor
·         Bawang merah
·         Kerokan epitel pipih
·         Kaca benda
·         Kaca penutup
·         Air
·         Pipet tetes
·         Silet

·         Aryulina, Diah, Choirul Muslim, Endang Widi Winarni, dan Syalfinaf Manaf. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk kelas X. Jakarta: Esis
·         Pratiwi, D.A, Bambang S, Srikini, Sri Mariyati, dan Suharno. 2007. Biologi SMA untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga
·          Kistinah, Idun dan Endang Sri Lestari. 2009. Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
·         Buku lain yang relevan
VI. Penilaian
·         Penskoran unjuk kerja à Checklist (Lampiran 1)
·         Penskoran sikap (Lampiran 2)
            Lampiran 3 : Petunjuk Praktikum

                                                                                    …..-……….-….2012
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran


                                                           
NIP .                                                                                       NIP.

Lampiran 1
PENSKORAN UNJUK KERJA
Kegiatan Praktikum
Kelompok : ………………………….
No.
Elemen yang Dinilai
Tingkatan Psikomotor
Tingkatan Afektif
Point
1
2
3
4
5
1
Menggunakan jas laboratorium selama praktikum

A 1





2.
Terlibat aktif dalam kegiatan praktikum dalam kelompoknya







3
Mengetahui dan dapat menunjuk sel gabus dan sel tumbuhan

A1





4
Menggambarkan hasil pengamatan sesuai pengamatan yang dilakukan
P 1






5
Bekerja dengan hati-hati dan penuh tanggung jawab

A 1





6.
Menjaga kebersihan baik sebelum ataupun sesudah praktikum







      *Skor maksimal : 5 x 6 aspek = 30

 
Lampiran 2
PENSKORAN SIKAP
No
Nama siswa
Indikator yang diukur
Skor

1
2
3
4
5

Kemampuan bertanya

1

Bertanya dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar






Menunjukkan pemahaman dan kejelian terhadap masalah yang dibahas






Pertanyaan bersifat rasional






Kemampuan berpikir






Penjelasan cukup rinci untuk menjelaskan suatu konsep






Menggunakan konsep sains secara tepat.






Jawaban menunjukkan kemampuannya dalam menyelesaikan masalah.






Jawaban menunjukkan sikap mengambil keputusan.






Jumlah







Keterangan:
Berilah tanda cek list (√)
Skor: 1 = sangat buruk
      2 = buruk
                3 = cukup
                4 = baik
    5 = sangat baik                                                                                                           
                       

Lampiran 3
PETUNJUK PRAKTIKUM

A.    ALAT-ALAT
Alat-alat yang diperlukan adalah :
1.      Mikroskop
2.      Kaca benda
3.      Kaca penutup
4.      Silet
5.      Pipet
B.     BAHAN-BAHAN
1.      Kerokan epitel pipih
2.      Bawang merah
3.      Daun Rhoeo discolor
4.      Aquades
5.      Metilen Blue
C.    CARA KERJA
1.      Cara Kerja Pengamatan Sel Hewan (Kerokan Epitel Pipih)
-          Menyiapkan mikroskop dan menyalakan lampu mikroskop.
-          Membuat irisan preparat kerokan epitel pipih, yaitu dengan mengerok sedikit epitel pipih pada rongga mulut menggunakan tusuk gigi
-          Meletakkan kerokan epitel pipih di atas kaca benda dan meneteskan setetes aquades di atasnya.
-          Menutup sediaan tersebut dengan kaca penutup
-          Meletakkan sediaan tersebut dibawah mikroskop lalu mengarahkannya hingga terlihat obyek pengamatan yang jelas dan menjepit sediaan tersebut supaya tidak bergeser.
-          Mengamati, menggambar, dan menulis bagian-bagian sel.
-          Mencuci kaca benda dan kaca penutup setelah digunakan.
2.      Cara Kerja Pengamatan Sel Daun Rhoeo discolor dan bawang merah
·            Menyiapkan mikroskop dan menyalakan lampu mikroskop.
·           Menyayat bagian permukaan bawah daun Rhoeo discolor dan bawang merah dan meletakkanya diatas kaca benda.
·           Meneteskan setetes aquades di atas sediaan tersebut.
·           Menutup sediaan tersebut dengan kaca penutup, dan meletakkan di bawah mikroskop sambil mengarahkannya hingga terlihat obyek pengamatan yang jelas.
·           Mengamati, menggambar beberapa sel pada lembar pengamatan dan menulis bagian-bagian sel yang teramati.
·           Mencuci kaca benda dan kaca penutup setelah digunakan.

Bahan Diskusi
1.      Struktur sel apa saja yang dapat kamu amati? Gambarkan beserta keterangannya!
2.      Tuliskan perbedaan hasil pengamatan masing-masing preparat yang kamu amati?

……Selamat Bekerja……

LEMBAR PENGAMATAN SEL

Gambar
Keterangan

Gambar sel ……………….
Perbesaran:









Gambar sel ……………….
Perbesaran:









Gambar sel ……………….
Perbesaran: