Minggu, 27 November 2011

RPP EKSKRESI Kelas IX

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                   :   SMP NEGERI 2 PAMEKASAN
Mata Pelajaran                      :   BIOLOGI
Kelas/ Semester                      :   IX / Ganjil
Jumlah  Pertemuan               :   2 X 45 menit

A.    Standar Kompetensi
1.      Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

B.     Kompetensi Dasar
1.3  Mendeskripsikan struktur dan fungsi ginjal pada manusia.

C.    Tujuan Pembelajaran :
Siswa diharapkan mampu: 
1.      Menunjukkan bagian-bagian yang menyusun organ ginjal.
2.      Siswa dapat menuliskan fungsi ginjal dalam sistem ekskresi pada manusia.
3.      Siswa dapat menjelaskan proses terbentuknya urine.

D.    Materi Pokok
1.      Ginjal sebagai alat ekskresi utama pada manusia.
2.      Bagian-bagian ginjal terdiri dari: korteks/ kulit ginjal, medulla/ sumsum ginjal, dan pelvis/ rongga ginjal.
3.      Fungsi ginjal:
- mengekskresikan zat sisa dari bahan nitrogen, seperti ammonia,
- mengekskresikan zat berlebihan dalam tubuh,
- mengatur tekanan osmotik tubuh,
- mempertahankan keseimbangan asam dan basa tubuh.

E.     Media/ Sumber Pembelajaran/ Alat dan Bahan
       Media:
       Model ginjal
       Sumber :
       Saktiyono. 2004. Sains Biologi SMP IX. Jakarta: Esis.
  Sumarwan. 2004. Sains Biologi IX. Jakarta: Erlangga.

       Alat dan Bahan:
1.      Corong plastik
2.      Kertas saring
3.      Gelas plastik transparan
4.      Air kapur

F.     Metode Pembelajaran
1.      Metode Pembelajaran              : Diskusi - Eksperimen

G.    Strategi Pembelajaran
1.      Eksplorasi
1)      Siswa ditanya, “Mengapa kita bisa mengeluarkan urine?”
2)      Siswa ditanya, “Coba siapa yang bisa, dalam urine kita terdapat kandungan apa saja?”

2.      Eksplanasi 
1)      Siswa dibimbing untuk menyebutkan struktur ginjal manusia dengan bantuan model ginjal.
*Hasil yang diharapkan:
Struktur Ginjal Manusia
1)   Kulit ginjal (Korteks) : mengandung jutaan alat penyaring (nefron) yang terdiri dari badan  malpighi dan tubulus/tubula.Badan malpighi terdiri dari glomerulus (gulungan pembuluh darah) dan kapsul Bowmann.
2)   Sumsum ginjal (Medulla) : badan berbentuk kerucut (piramida), terdiri dari pembuluh atau saluran berliku-liku (tubulus kontortus) bermuara ke rongga ginjal.
Rongga ginjal (Pelvis renalis) : tempat bermuaranya pembuluh (saluran pengumpul) urine sebelum dialirkan ke kandung kemih(vesika urinari)



2) Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok. Membagikan corong plastic, kertas saring, gelas plastic transparan, dan air kapur kepada setiap kelompok.
a.    Siswa mengocok air kapur yang ada di dalam botol plastic hingga tampak keruh.
b.    Siswa mengambil kertas saring dan membentuknya seperti kerucut.
c.    Siswa meletakkan corong plastic di atas gelas plastic transparan.
d.   Siswa meletakkan kertas saring yang sudah dibentuk kerucut pada corong plastic.
e.    Siswa menuangkan air kapur pada kertas saring dan corong.
f.     Siswa mengamati air kapur pada gelas plastic dan sisa-sisa kapur pada kertas saring.
 *Hasil yang diharapkan:
·         Kertas saring disimbolkan sebagai ginjal yang berfungsi menyaring darah dari nadi ginjal yang berasal dari aorta. Bagian ginjal yang berfungsi menyaring darah adalah glomerulus.
·         Sisa-sisa endapan kapur pada kertas saring disimbolkan sebagai zat-zat sisa metabolisme berbahaya yang harus dikeluarkan sebagai urine.
·         Air kapur pada gelas tampak tidak keruh, karena sudah disaring oleh kertas saring. Air kapur yang tidak keruh disimbolkan sebagai darah yang bersih.

3) Masalah: “Bagaimana jika kertas saring diambil, selanjutnya air kapur dituang pada corong?”
a.       Siswa mengamati air kapur pada gelas plastik. 
b. Siswa membandingkan air kapur tersebut dengan air kapur sebelumnya (percobaan sebelumnya).
  *Hasil yang diharapkan:
·      Jika kertas saring diambil, maka air pada gelas plastic akan keruh (lebih keruh dibandingkan dengan air kapur pada percobaan pertama) karena tidak ada penyaringan dari kertas saring.
·      Sama halnya dengan ginjal yang rusak, maka tidak akan berfungsi dengan baik sebagai filter darah, sehingga darah pasien kotor dan harus menjalani proses cuci darah.

4) Perwakilan kelompok mempresentasikan dan mendiskusikan bersama-sama hasil percobaannya di depan kelas, dan ditanggapi kelompok yang lain.
5)      Siswa berdiskusi tentang proses pembentukan urine.
 *Hasil yang diharapkan:
Proses pembentukan Urin:
Darah mengalir melalui glomelurus (proses filtrasi) -- urine primer (glukosa + asam amino)  -- terjadi proses reabsorpsi -- urine sekunder -- mengalir ke tubulus distal  -- terjadi augmentasi -- ureter -- kantung kemih -- uretra -- urine.

3.      Ekspansi
Siswa berdiskusi:
1.      Kandungan urine normal pada manusia.
2.      Kelainan dan penyakit yang berhubungan dengan ginjal manusia.

4.      Evaluasi
1.      Penilaian kinerja siswa
a.       Keaktifan siswa dalam menjalankan percobaan.
b.      Keaktifan menemukan jawaban atas masalah yang ditemukan.
2.      Penilaian hasil
a.      Soal
1)    Jelaskan struktur ginjal manusia beserta bagian-bagian dari struktur tersebut !
2)    Apa saja fungsi ginjal bagi manusia? (minimal 3)
3)    Jelaskan tahap penyaringan (filtrasi) darah pada manusia?
4)    Bagaimana proses terbentuknya urine?
5)    Apa saja kandungan urine normal manusia? (minimal 3)


b.   Kunci Jawaban
1)      Struktur Ginjal: (20)
·         Kulit ginjal (Korteks) : mengandung jutaan alat penyaring (nefron) yang terdiri dari badan  malpighi dan tubulus/tubula.Badan malpighi terdiri dari glomerulus (gulungan pembuluh darah) dan kapsul Bowmann.
·         Sumsum ginjal (Medulla) : badan berbentuk kerucut (piramida), terdiri dari pembuluh atau saluran berliku-liku (tubulus kontortus) bermuara ke rongga ginjal.
·         Rongga ginjal (Pelvis renalis) : tempat bermuaranya pembuluh (saluran pengumpul) urine sebelum dialirkan ke kandung kemih(vesika urinari). 
2)      Fungsi Ginjal: (15)
a.       Menyaring darah dari nadi ginjal yang berasal dari aorta
b.      Mengeluarkan sisi metabolisme (urine)
c.       Membuang zat-zat yang berbahaya bagi tubuh
d.      Mengatur keseimbangan air dan garam di dalam darah.
3)      Tiga Tahap Penyaringan (Filtrasi) Darah: (30)
a.       Penyaringan (filtrasi)
b.      Penyerapan kembali (reabsorpsi)
c.       Pengumpulan (augmentasi)
4)      Proses Terbentuknya Urine: (20)
Darah mengalir melalui glomelurus (proses filtrasi) -- urine primer (glukosa + asam amino)  -- terjadi proses reabsorpsi -- urine sekunder -- mengalir ke tubulus distal  -- terjadi augmentasi -- ureter -- kantung kemih -- uretra -- urine
5)      Kandungan Urine Normal: (15)
a.       Air (95%), urea,asam ureat dan ammonia yang merupakan sisa-sisa pembongkaran protein.
b.      Garam-garam mineral terutama garam dapur (NaCl).
c.       Zat warna empedu (bilirubin dan biliverdin) yang memberi warna kuning pada urine
d.      Zat-zat yang berlebihan dalam darah, seperti vitamin B, C, obat-obatan, racun dan hormon.

Lembar Penilaian Kegiatan Diskusi

Mata Pelajaran               : Biologi
Materi Pokok                 : Ekskresi (Ginjal)
Waktu                            :
Hari/Tanggal                  :


No.

Nama Siswa
Aspek yang Dinilai


Jumlah Skor


Rata-rata
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Kemampuan Menanggapi Pendapat
Kerjasama dalam Kelompok
Keaktifan Peserta Didik
1.
2.
3.
4.
5.
6.








Keterangan :
Aspek yang dinilai diisi secara kualitatif
A. Sangat baik               : 8,5 – 10
B. Baik                           : 7,0 – 8,4
C. Cukup                        : 5,5 – 6,9
D. Kurang                      : 4,0 – 5,4
E. Sangat kurang            : < 4,0


Penilaian Hasil (Soal):
Nilai =  Jumlah skor yang didapat     x 100
                                100

NA  =      Nilai kegiatan diskusi + Nilai hasil (soal)
2
 
Nilai Akhir:


 






                                                                                         Pamekasan, 28 November 2011
Mengetahui                                        
Kepala SMP Negeri 2 Pamekasan                                                 Guru Biologi,


       Drs. HAFFANDI                                                              LINDA TRI ANTIKA
NIP. 196003111980101002                                                     NIP.