RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri
9 Malang
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI
(Sebelas)/ 1
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 3 x 35
menit
Tanggal Pelaksanaan : Jum’at, 27
juli 2012
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil
kehidupan
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur
dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator
|
Nilai Karakter
|
Ranah IPK
|
· Membuat preparat
pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
· Menggambarkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan dari
hasil pengamatan
· Membuat laporan pengamatan sel hewan dan tumbuhan
· Membandingkan struktur sel hewan dan tumbuhan
|
·
Jujur
·
Kerja keras
·
Toleransi
·
Rasa ingin tahu
·
Komunikatif
·
Percaya diri
|
C3
C3
C2
|
I. Tujuan
Siswa diharapkan mampu:
·
Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan
dan sel tumbuhan dengan benar melalui kegiatan praktikum
·
Menggambarkan struktur sel
hewan dan sel tumbuhan dari hasil
pengamatan dengan benar
melalui kegiatan praktikum
·
Membuat laporan pengamatan
sel hewan dan tumbuhan dengan benar
melalui kegiatan praktikum
·
Membandingkan struktur sel
hewan dan tumbuhan dengan benar
melalui kegiatan praktikum
II. Materi Ajar
·
Struktur sel tumbuhan dan
sel hewan
·
Perbandingan struktur sel
tumbuhan dan sel hewan
III. Metode Pembelajaran
·
Praktikum
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
NO
|
URAIAN
KEGIATAN
|
WAKTU
|
|
1.
2.
3.
|
PENDAHULUAN
Apersepsi:
·
Guru
menanyakan kembali mengenai konsep sel yang telah diterima pada pertemuan
sebelumnya.
·
Diingatkan
kembali bahawa sel dapat dianalogikan dengan batu bata penyusun bangunan
KEGIATAN INTI
Eksplorasi
· Guru
mendemonstrasikan cara membuat preparat irisan melintang daun tumbuhan (Rhoeo discolor dan bawang merah) dan
preparat kerokan sel hewan (epitel pipi) di depan kelas kepada siswa secara
klasikal.
·
Siswa membentuk beberapa kelompok secara heterogen
·
Guru membagikan Lembar Kerja Praktikum
Elaborasi
· Siswa mengambil
alat dan bahan untuk praktek pengamatan sel
tumbuhan sesuai dengan
kelompoknya.
· Siswa membuat
preparat irisan melintang daun tumbuhan (Rhoeo discolor dan
bawang merah) dan preparat sel hewan, yaitu kerokan
epitel pipi kemudian mengamati di bawah mikroskop
· Siswa menggambar
hasil pengamatan.
· Siswa membuat
laporan sederhana hasil pengamatan.
Konfirmasi
· Siswa menuliskan/
menjelaskan secara lisan refleksi diri mengenai kegiatan praktikum yang telah
dilakukan
Kesimpulan:
Peserta didik
menyimpulkan hasil praktikum tentang sel melalui bimbingan guru.
PenugasanUntuk pertemuan selanjutnya, masing-masing kelompok membawa 1 lembar kertas kartonPENUTUP
·
Siswa mengumpulkan laporan sederhana hasil
pengamatan
|
2 menit
(TM)
3 menit
(TM)
50 menit
(TM)
2 menit
(TM)
3 menit (TM)
|
V. Alat/Bahan/Sumber
·
Mikroskop
·
Daun Rhoeo
discolor
·
Bawang merah
·
Kerokan epitel pipih
·
Kaca benda
·
Kaca penutup
·
Air
·
Pipet tetes
·
Silet
·
Aryulina, Diah, Choirul
Muslim, Endang Widi Winarni, dan Syalfinaf Manaf. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk kelas X. Jakarta: Esis
·
Pratiwi, D.A, Bambang S,
Srikini, Sri Mariyati, dan Suharno. 2007. Biologi
SMA untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga
·
Kistinah, Idun dan Endang Sri Lestari. 2009. Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional.
·
Buku lain yang relevan
VI. Penilaian
·
Penskoran unjuk kerja à Checklist (Lampiran 1)
·
Penskoran sikap (Lampiran 2)
Lampiran
3 : Petunjuk Praktikum
…..-……….-….2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP . NIP.
Lampiran 1
PENSKORAN UNJUK KERJA
Kegiatan Praktikum
Kelompok :
………………………….
No.
|
Elemen
yang Dinilai
|
Tingkatan
Psikomotor
|
Tingkatan
Afektif
|
Point
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Menggunakan jas laboratorium
selama praktikum
|
|
A
1
|
|
|
|
|
|
2.
|
Terlibat aktif dalam kegiatan
praktikum dalam kelompoknya
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengetahui dan dapat menunjuk sel
gabus dan sel tumbuhan
|
|
A1
|
|
|
|
|
|
4
|
Menggambarkan hasil pengamatan
sesuai pengamatan yang dilakukan
|
P
1
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Bekerja dengan hati-hati dan
penuh tanggung jawab
|
|
A
1
|
|
|
|
|
|
6.
|
Menjaga kebersihan baik sebelum
ataupun sesudah praktikum
|
|
|
|
|
|
|
|
*Skor maksimal : 5 x 6 aspek = 30
Lampiran 2
PENSKORAN SIKAP
No
|
Nama siswa
|
Indikator yang diukur
|
Skor
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
Kemampuan bertanya
|
||||||||
1
|
|
Bertanya dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan pemahaman dan kejelian terhadap masalah
yang dibahas
|
|
|
|
|
|
|||
Pertanyaan bersifat rasional
|
|
|
|
|
|
|||
Kemampuan berpikir
|
|
|
|
|
|
|||
Penjelasan cukup rinci untuk menjelaskan suatu konsep
|
|
|
|
|
|
|||
Menggunakan konsep sains secara tepat.
|
|
|
|
|
|
|||
Jawaban menunjukkan kemampuannya dalam menyelesaikan
masalah.
|
|
|
|
|
|
|||
Jawaban menunjukkan sikap mengambil keputusan.
|
|
|
|
|
|
|||
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Berilah tanda cek list (√)
Skor: 1 = sangat buruk
2 = buruk
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Lampiran 3
PETUNJUK
PRAKTIKUM
A.
ALAT-ALAT
Alat-alat yang diperlukan adalah :
1.
Mikroskop
2.
Kaca benda
3.
Kaca penutup
4.
Silet
5.
Pipet
B.
BAHAN-BAHAN
1.
Kerokan epitel pipih
2.
Bawang merah
3.
Daun Rhoeo discolor
4.
Aquades
5.
Metilen Blue
C.
CARA KERJA
1. Cara Kerja Pengamatan Sel Hewan (Kerokan Epitel Pipih)
-
Menyiapkan mikroskop dan
menyalakan lampu mikroskop.
-
Membuat irisan preparat kerokan
epitel pipih, yaitu dengan mengerok sedikit epitel pipih pada rongga mulut
menggunakan tusuk gigi
-
Meletakkan kerokan epitel pipih di
atas kaca benda dan meneteskan setetes aquades di atasnya.
-
Menutup sediaan tersebut dengan
kaca penutup
-
Meletakkan sediaan tersebut
dibawah mikroskop lalu mengarahkannya hingga terlihat obyek pengamatan yang
jelas dan menjepit sediaan tersebut supaya tidak bergeser.
-
Mengamati, menggambar, dan menulis
bagian-bagian sel.
-
Mencuci kaca benda dan kaca
penutup setelah digunakan.
2.
Cara Kerja Pengamatan Sel Daun Rhoeo
discolor dan bawang merah
·
Menyiapkan mikroskop dan
menyalakan lampu mikroskop.
·
Menyayat bagian permukaan
bawah daun Rhoeo discolor dan bawang merah dan meletakkanya diatas kaca
benda.
·
Meneteskan setetes aquades
di atas sediaan tersebut.
·
Menutup sediaan tersebut
dengan kaca penutup, dan meletakkan di bawah mikroskop sambil mengarahkannya
hingga terlihat obyek pengamatan yang jelas.
·
Mengamati, menggambar
beberapa sel pada lembar pengamatan dan menulis bagian-bagian sel yang teramati.
·
Mencuci kaca benda dan kaca
penutup setelah digunakan.
Bahan
Diskusi
1.
Struktur sel apa saja yang dapat
kamu amati? Gambarkan beserta keterangannya!
2.
Tuliskan perbedaan hasil
pengamatan masing-masing preparat yang kamu amati?
……Selamat Bekerja……
LEMBAR
PENGAMATAN SEL
Gambar
|
Keterangan
|
Gambar sel ……………….
Perbesaran:
|
|
Gambar sel ……………….
Perbesaran:
|
|
Gambar sel ……………….
Perbesaran:
|
|