Minggu, 13 Mei 2012

RPP BIOTEKNOLOGI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : SMA N…………
Kelas/Semester        : XII/ 2
Program                     : IPA
Mata Pelajaran          : Biologi  
Alokasi Waktu           : 6 x 45 Menit (3 jp)
Jumlah Pertemuan    : 3 pertemuan

A.     Standar Kompetensi
5.  Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada Salingtemas

B.     Kompetensi Dasar
5.1 Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis bioteknologi

C.     Indikator
-          Menjelaskan pengertian bioteknologi.
-          Menjelaskan prinsip-prinsip bioteknologi dengan produk bioteknologi.
-          Membedakan bioteknologi konvensional dan modern (bioteknologi konvensional dengan penayangan cara pembuatan tempe, bioteknologi modern dengan praktikum sederhana Ekstraksi DNA).
-          Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya.
-          Mendeskripsikan berbagai aplikasi bioteknologi dalam bidang pengolahan bahan pangan, bidang kesehatan, bidang pertanian, serta lingkungan.
-          Menjelaskan dampak bioteknologi bagi kehidupan.

D.     Tujuan Pembelajaran
-          Melalui diskusi kelas, siswa diharapkan dapat mendefinisikan pengertian bioteknologi
-          Melalui pengamatan proses pembuatan tempe yang ditayangkan oleh guru, siswa diharapkan mampu menjelaskan prinsip bioteknologi.
-          Melalui penayangan cara pembuatan tempe dan praktikum sederhana Ekstraksi DNA, siswa diharapkan mampu membedakan bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern.
-          Melalui diskusi kelas, siswa diharapkan mampu menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya.
-          Melalui kegiatan diskusi presentasi, siswa diharapkan mampu mendeskripsikan berbagai aplikasi bioteknologi dalam bidang pengolahan bahan pangan, bidang kesehatan, bidang pertanian, serta lingkungan.
-          Melalui kegiatan diskusi presentasi, siswa diharapkan mampu menjelaskan dampak bioteknologi bagi kehidupan.

Karakter siswa yang diharapkan  :   
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.

E.     Materi Ajar
Materi Pokok : Bioteknologi
Sub materi :
ü  Konsep dan prinsip bioteknologi
ü  Perbedaan bioteknologi konvensional dan dan modern
ü  Rekayasa genetika
ü  Dampak bioteknologi bagi kehidupan
     
F.      Metode
Diskusi kelas, Presentasi, Praktikum, Penugasan


G.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 : Pengertian, prinsip-prinsip bioteknologi, serta perbedaan  bioteknologi konvensional dan modern

1) Kegiatan Awal:
-          Guru menunjukkan tempe kepada siswa.

Masalah yang mungkin ditanyakan:
1. Bagaimana caranya membuat tempe?
2. Apa saja yang digunakan dalam pembuatan tempe?
3. Mengapa harus menggunakan bahan biologis (mikroorganisme)?

Tempe

2) Kegiatan Inti:
-          Siswa bersama dengan guru mendiskusikan pengertian bioteknologi.
-          Siswa dibimbing untuk mendiskusikan prinsip-prinsip bioteknologi dengan teman sebangku.
-          Siswa dan guru mendiskusikan jenis bioteknologi (bioteknologi konvensional dan modern) dan membedakan kedua jenis bioteknologi tersebut.
-          Siswa mendiskusikan apakah tempe termasuk bioteknologi konvensional ataukah modern dan menuliskan hasil analisisnya.
-          Setelah kegiatan diskusi siswa selesai, guru menayangkan cara pembuatan tempe (jika tidak ada, dapat menggunakan gambar pembuatan tempe. Atau jika memungkinkan, siswa diajak ke tempat produksi tempe di lingkungan sekitar).
-          Siswa dan guru mengevaluasi bersama-sama hasil analisis siswa mengenai tempe.
 
3) Penutup
-          Siswa memberikan kesimpulan mengenai pengertian dan prinsip bioteknologi.
-          Siswa mengevaluasi diri bahwa tempe merupakan contoh produk bioteknologi konvensional.
-          Siswa diberi tugas untuk membawa bahan untuk praktikum sederhana ”Ekstraksi DNA” untuk pertemuan mendatang.

Pertemuan 2 : Praktikum sederhana Ekstraksi DNA

1) Kegiatan Awal:
-          Siswa diminta untuk menyiapkan alat dan bahan untuk melakukan praktikum sederhana.
-          Siswa diminta untuk membentuk kelompok (4 kelompok).
-          Guru menjelaskan prosedur singkat mengenai praktikum Ekstraksi DNA.
-          Guru memberikan gambaran umum mengenai prinsip ekstraksi DNA.

2) Kegiatan Inti:
-          Siswa melakukan praktikum sederhana Ekstraksi DNA sesuai dengan petunjuk guru dan prosedur dalam lampiran 1. (terlampir)
-          Masing-masing kelompok bekerja sama dalam mengerjakan LKS.
-          Setelah kegiatan selelsai, salah satu kelompok memsharekan hasil praktikumnya, kelompok lain membandingkan dengan hasil praktikum kelompoknya masing-masing.
 
3) Penutup:
-          Siswa membuat laporan sederhana mengenai Ekstraksi DNA.

Pertemuan 3: Prinsip rekayasa genetika dan hasilnya; aplikasi bioteknologi; dan dampak bioteknologi bagi kehidupan.

1) Kegiatan awal:
-          Guru menunjukkan wortel (asli) hasil rekayasa genetika dan wortel bukan hasil rekayasa genetika. (jika tidak ada, dapat menggunakan gambar).

Masalah yang mungkin ditanyakan:
1. Mengapa ada wortel yang super dan ada wortel yang berukuran biasa?
2.  Apakah rasanya sama?