Rabu, 22 Desember 2010

Tumbuhan dan Bagiannya

Tumbuhan dapat terdiri dari satu sel atau berjuta-juta sel. Struktur Perkembangan Tumbuhan menitikberatkan pembelajaran pada tumbuhan yang multiseluler terutama tumbuhan yang termasuk paku-pakuan (Pteridophyta) dan tumbuhan berbiji (Spermatophyta). Kedua kelompok tumbuhan tadi mempunyai tubuh yang jelas terlihat dengan mata telanjang. Tubuh tumbuhan tersebut dinamakan kormus.

Kormus terdiri dari tiga bagian pokok, yaitu: akar yang umumnya terdapat di dalam tanah, batang yang umumnya berada di udara, mendukung bagian-bagian lain yang disebut daun. Ketiga bagian tersebut dinamakan organ.

1. Tumbuhan paku-pakuan (Pteridophyta) setelah dewasa akan membentuk sporangium pada daunnya. Daun yang menghasilkan sporangium dinamakan sporofil. Spora dihasilkan oleh sporangium. Spora merupakan alat perkembangbiakan dari Pteridophyta. Spermatophyta (tumbuhan berbiji) menghasilkan bunga yang nanti akan manjadi buah dan mengandung biji sebagai alat perkembangbiakan.

Tumbuhan pada umumnya paku-pakuan batangnya kurang berkembang dan berada di dalam tanah. Paku tiang (Alsophilla sp.) mempunyai batang tegak menjulang di udara. Spermatophyta pada umumnya mempunyai batang yang berada di atas tanah, tetapi ada juga yang merayap di dalam tanah. Daun-daun terdapat pada batang dan cabang. Daun dan cabang berasal dari tunas batang yang merupakan perkembangan dari meristem ujung batang. Tunas mungkin juga terdapat pada ketiak daun. Tunas pada umumnya berupa kuncup (gemma). Ada dua macam gemma yaitu gemma folifora yang akan menjadi daun, dan gemma alabastrum atau florifora yang akan membentuk bunga. Alat-alat tambahan yang merupakan tonjolan dari epidermis yang diikuti oleh jaringan di sebelah dalamnya juga dapat ditemukan di batang. Tonjolan yang hanya berasal dari sel epidermis disebut rambut (trikoma) atau bulu (pilus). Sisik ditemukan pula pada batang di samping lenti sel yang tampak sebagai sisik-sisik pada permukaan batang. Duri (spina) mungkin ditemukan pada batang tumbuhan tertentu seperti mawar (Rosa sp.), randu (Ceiba pentandra), dadap (Erythrina sp.), jeruk (Citrus sp.) dan lain-lain. Duri merupakan penjelmaan dahan atau daun. Contoh duri yang merupakan penjelmaan dari daun, misalnya duri yang terdapat pada kaktus.

Beberapa batang tumbuhan yang merambat (liana) mempunyai alat pembelit (cirrhus) yang dapat berasal dari dahan atau cabang. Sebagai contoh cirrhus ditemukan pada tanaman Sechium edule (labu siam, manisah, jipang).

Batang dapat berada di dalam tanah dan merupakan cadangan makanan. Batang tersebut dinamakan umbi batang. Kentang (Solanum tuberosum) merupakan contoh umbi batang. Batang dapat juga bersama-sama dengan daun menjelma menjadi umbi lapis (bulbus) sebagai contoh bawang merah (Allium cepa) dan bawang putih (Allium sativum). Rhizoma juga merupakan penjelmaan batang dan daun yang merayap di dalam tanah, yang pada umumnya juga sebagai penyimpan cadangan makanan. Contoh tumbuhan yang membentuk rhizoma adalah tumbuhan yang termasuk dalam familia Zingiberaceae. Rhizoma disebut juga dengan akar rimpang.
Organ pada tumbuhan yang berfungsi untuk melangsungkan kehidupan tumbuhan disebut organum nutritivum, sedangkan organ yang berfungsi untuk menghasilkan keturunan disebut organum reproduktivum. Organum nutritivum disebut juga alat hara atau organ vegetatif. Organum reproduktivum disebut juga alat perkembangbiakan atau propagule.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini